Berikut Jenis dan Cara Kerja Kamera CCTV Rumah Anda


Bagi seseorang yang berencana menggunakan kamera pengintai demi meningkatkan keamanan sebuah rumah, mengetahui jenis dan cara kerja kamera CCTV rumah itu menjadi keharusan. Kamera CCTV (Closed Circuit Television) atau televisi sirkuit tertutup merupakan teknologi yang menggunakan sinyal yang bersifat tertutup dan biasa dipasang pada tempat-tempat dengan tingkat kejahatan yang sangat tinggi seperti mall, supermarket, kantor, pabrik, dan bandara.

Pemasangan CCTV di rumah sejatinya bersifat opsional, tergantung kebutuhan pemilik rumah tersebut. Mungkin untuk daerah perumahan yang mayoritas orang-orang berpenghasilan tinggi memasang kamera CCTV  di rumah menjadi sebuah keharusan. Tujuannya jelas, untuk mengamankan rumah dari segala tindak kejahatan seperti pencurian kendaraan di dalam garasi, pencurian uang, serta benda berharga lainnya.

Namun sebelum melakukan pemasangan lebih baik mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis dan bagaimana kamera CCTV bekerja harus diketahui terlebih dahulu. Supaya anda benar-benar tau apa yang harus dilakukan dengan kamera pengawas yang akan dimiliki. Pertama dibahas terlebih dahulu mengenai jenis-jenisnya kemudian dilanjutkan dengan cara kerjanya

Beberapa Jenis-jenis Kamera CCTV

1. Kamera CCTV Dome
Bentuk CCTV ini yaitu seperti kubah. Penciptaannya bertujuan agar arah gerak kamera tidak terlihat oleh penjahat. Biasanya ada 2 tipe yang dijual yaitu tipe fix kamera yang mengarah ke satu arah dan speed dome dimana kameranya dapat berputar dengan cepat serta harganya yang lebih mahal.

2. Bullet Kamera
Jenis kamera pengintai ini menggunakan kamera tipe fix yang dapat menangkap gambar darj tempat yang tetap. Bisa dipasang di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, namun sangat las jika dipasang pada dinding atau langit-langit rumah.

3.  HD Camera
Jenis CCTV yang satu ini menghasilkan kualitas gambar cukup baik serta memiliki fitur digital zoom yang berguna untuk memperbesar gambar agar semakin terlihat jelas. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang bagus, wajah penjahat akan semakin mudah dilihat melalui kamera tersebut.

Selain ketiga diatas masih banyak jenis kamera CCTV yang lain seperti infrared camera, wirelesa camera, ip camera, box kamera, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Kamera CCTV

Pada dasarnya cara kerja CCTV tak jauh berbeda dengan kamera video pada umumnya. Namun ada beberapa hal yang membuat perbedaan mengapa CCTV dan kamera video bekerja dengan sistem yang berbeda. Apa saja itu?
  • Sistem kerja kamera cctv  bekerja secara otomatis dan dapat juga diatur sebelumnya dengan mengatur Systemnya terlebih dahulu. Kamera ini selalu merekam selama media penyimpanan pada DVR masih tersedia.
  • Kamera CCTV berperan sebagai kamera pengintai atau pengawas yang cocok ditempatkan pada area-area tersembunyi seperti dinding bagian atas atau langit-langit rumah bagian pojok atas.


Semoga dengan mengetahui jenis dan cara kerja CCTV membuat anda lebih yakin lagi untuk menggunakan benda tersebut demi keamanan rumah anda, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.


8/11/2018 - tanpa komentar