hUmF2kFFNxUXpHWOJJD4ChZsbOGEuTjmm6eNDkYL
Kerugian Menggunakan Kamera CCTV pada Kehidupan Sehari-hari

Kerugian Menggunakan Kamera CCTV pada Kehidupan Sehari-hari




Dengan alasan keamanan, banyak orang memasang kamera pengawas seperti CCTV. Bahkan mereka rela mengeluarkan banyak uang demi meningkatkan perlindungan dan keamanan tempat tinggal dari upaya penjahat. Memang, waspada itu harus, namun tahukah anda? Menggunakan CCTV ternyata juga memiliki sisi kerugian yang selama ini mungkin belum anda ketahui. Berikut beberapa kerugian yang bisa anda alami jika harus menggunakan kamera CCTV

Kerugian Menggunakan Kamera CCTV

1. Menghabiskan Banyak Dana
Ketika anda memutuskan untuk menggunakan kamera CCTV, maka anda harus bersiap-siap untuk mengeluarkan dana besar untuk memasangnya. Tentu hal ini berdampak pada pengeluaran yang membengkak, padahal sebetulnya masih banyak kebutuhan lain yang lebih penting.

 Mungkin hal ini tidak terasa bagi mereka yang memiliki banyak harta, tetapi bagi yang mempunyai harta pas-pasan hal tersebut pasti sangat terasa. Memang, anda bisa membeli cctv dengan harga murah, tetapi kualitas tentu saja sebanding dengan harga yang ditawarkan.

2. Beberapa Kamera CCTV Menghasilkan Kualitas Gambar Kurang Bagus
Semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera CCTV, maka semakin mudah untuk mendeteksi siapa penjahat yang memiliki niat jahat dengan memasuki rumah anda. Namun sayangnya, tidak semua jenis CCTV menghasilkan kualitas gambar atau video yang berkualitas. Hal itu menjadi suatu kerugian, anda tidak bisa dengan jelas mendeteksi siapa penjahat yang masuk dan apa saja yang telah mereka lakukan.

3. Penjahat Kini Sudah Lebih Pintar dari CCTV
Mungkin bagi orang awam, memasang CCTV adalah hal sangat efektif guna membuat penjahat berpikir ulang untuk memasuki tempat tersebut. Hal tersebut memang ada benarnya, namun penjahat zaman modern tidak seperti dulu yang berpikiran pendek ketika bertindak. Jika aman aksi dilanjutkan, jika tak aman maka aksi dibatalkan.

Berbeda dengan penjahat modern yang lebih  pintar dalam menyembunyikan tindak kejahatannya. Penjahat dapat dengan mudah mendeteksi apakah rumah tersebut dipasang CCTV dengan mudah. Biasanya mereka langsung dan menghancurkannya demi menghilangkan bukti atas apa yang sudah mereka lakukan.

4. Beberapa CCTV Memiliki Batas Durasi Rekaman Tertentu
Selain masalah kualitas gambar, masalah rekaman juga menjadi kekurangan dari CCTV. Rata-rata CCTV yang ada saat ini memiliki durasi rekaman yang terbatas hanya sampai 3 hari saja. Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan ulang agar rekaman yang dihasilkan bisa utuh. Biasanya, untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan dengan cara menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan lagi. Atau dengan membeli DVR baru dengan kapasitas yang lebih besar

5. Pelaku Tidak Bisa Langsung Tertangkap
Memang CCTV sangat berguna untuk mendeteksi tindak kejahatan yang dilakukan oleh seseorang. Namun, belum tentu bisa langsung menangkap penjahat dengan begitu cepat. Mereka bisa saja kabur terlebih dahulu setelah mengetahui terdapat CCTV pada lokasi tempat ia melakukan tindak kejahatan. Jika polisi tidak segera melakukan pengejaran, bukan tidak mungkin penjahat semakin sulit untuk tertangkap.

Setiap benda yang diciptakan di dunia ini pasti memiliki 2 sisi baik kelebihan maupun kekurangan. Tinggal bagaimana manusia bisa memanfaatkan benda tersebut dengan sebaik-baiknya. Begitu juga halnya dengan cctv, sekalipun terdapat kekurangan di dalam penggunaannya namun jika digunakan dengan sebaik-baiknya sesuai fungsi dan tujuannya maka bukan tidak mungkin menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat berupa pengamanan tempat tinggal anda.

Itulah beberapa kerugian menggunakan kamera CCTV yang juga perlu anda pertimbangkan sebelum memakainya, namun apapun itu semua pilihan tetap ada di tangan anda

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar